Rabu, 10 Maret 2010

Kupu-Kupu Bumi

( Bila di hamparan bumi tak kudapati, maka dikandung mimpi aku bakal mencari )

Di sini,
di dunia nyata tempat kita janji buat bersua

Aku tunggu setiap kawanan kupu-kupu
Kucari kiranya di sana sosokmu

Satu melintas
Yang lain berlalu
Dan tak juga kudapati kamu

Sekali aku bertanya pada kawanan yang berlalu
''dia ada pada kami'' kata mereka
''dia ada pada setiap kupu-kupu''

****

Kini hari-hariku
Aku sibukkan buat memandang kaummu
Kulihat cara kalian terbang
Kutafsiri cara kalian melayang
Di pucuk daun-daun, di kelopak kembang-kembang

Dari kalian,
Ada yang sedang diajarkan
Ada yang mesti aku temukan
Dan ada yang harus aku segera selesaikan

Sampai kuselami kehidupan kalian
Aku bayangkan menjadi bagian kaummu
Ah ya, yang jantan tentu saja


Bagaimana kiranya bunga-bunga hilang?
Di mana kaliam mesti mencari penghidupan
Bagaiman kiranya pohon-pohon tumbang?
Di manah benih-benih kalian beroleh makan
Bagaimana jika dahan dan ranting tertebang?
Di mana kalian bersamadi dan harapkan penyempurnaan

Aku saksikan, tanpa harapan
Aku saksikan, tak satupun peluang
Selain satu
Satu jua harapan
Satu bentuk peluang
Ya...sepanjang masih ada alam ini
Ya...sepanjang bumimu lestari
Darinya segalanya akan tumbuh lagi
Darinya segalanya akan terus hidup, tak dihenti
Sekali lagi alam menghidupi
Dan bumi berwelas budi


****

Aku dapati bumiku
Yang tergambar di angan mimpiku
Bersama gadisku
Bersama kupu-kupuku

Di alam nyata ini,
selamanya bumi menghampar
Selamanya di telanjang
Begitu elok
Begitu molek

Dan kini aku telanjang
Pada hamparan bumi aku rebahkan diri
Mataku menyentuh lembut debunya
Bibirku menyatu dengan basah lumpurnya
Sekujur tubuhku melebur
Dalam hamparan keperkasaannya, kepasrahannya

Tak satu juapun aku merasakan
Hanya dia mungkin mewadagkan
Aku satu pihak, dia pihak yang berseberangan
Satu kelumpuhan padaku
Satu kesadaran mungkin padanya

Dalam separuh kesadaranku
Kurasakan citra wajahmu pada bumiku
Wahai kau gadisku
Kupu-kupu bumiku


(Dahwi, 10 mar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar